RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Bab 1
Standar Kompetensi
Mengamalkan makna sumpah pemuda.
Kompetensi Dasar
Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
Indikator
1. Menjelaskan pengertian kerja sama.
2. Menjelaskan manfaat kerja sama.
3. Menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4. Mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5. Menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6. Melaksanakan kerja sama di sekolah.
7. Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8. Menyebutkan isi sumpah pemuda.
9. Menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10. Menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (3 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja sama.
2. Siswa dapat menjelaskan manfaat kerja sama.
3. Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4. Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5. Siswa dapat menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6. Siswa dapat melaksanakan kerja sama di sekolah.
7. Siswa dapat menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8. Siswa dapat menyebutkan isi sumpah pemuda.
9. Siswa dapat menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10. Siswa dapat menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
B. Materi Ajar
1. Kerja sama.
2. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Diskusi kelompok.
4. Diskusi kelas.
5. Tanya jawab.
6. Ceramah.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan-kegiatan tim yang pernah dilakukan di sekolah.
c) Mengajak siswa menceritakan pengalaman mereka melakukan kegiatan dalam suatu tim di sekolah.
2. Kegiatan Inti
a) Semua siswa diminta mengamati gambar di halaman 2 dan 3 tentang pertandingan tim bola basket kelas Dina.
b) Guru menunjuk dua sampai tiga siswa untuk bergiliran membacakan bacaan dalam buku (bacaan berjudul ”pertandingan basket” halaman 2).
c) Menanyakan pertanyaan pemahaman halaman 3.
d) Guru menjelaskan pengertian kerja sama dengan memberi contoh pada bacaan ”pertandingan basket”.
e) Semua siswa diminta berkelompok dengan dua sampai tiga teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut dengan teman sekelompoknya.
· Manfaat kerja sama.
· Akibat tidak mau bekerja sama.
· Contoh-contoh kerja sama yang dapat dilakukan di sekolah.
· Contoh-contoh kegiatan sekolah yang tidak boleh dilakukan dengan kerja sama.
f) Guru menjelaskan bahwa diskusi yang siswa lakukan dalam kelompok merupakan salah satu bentuk kerja sama.
g) Guru menjelaskan cara berdiskusi yang baik.
h) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hasil diskusi kelompok.
3. Kegiatan Penutup
a) Guru mengajak semua siswa mengambil kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.
b) Guru mengingatkan kembali siswa mengenai pentingnya kerja sama.
c) Guru mengingatkan kembali siswa bahwa tidak semua kegiatan dapat dilakukan dengan kerja sama.
d) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang suku-suku yang ada di Indonesia.
c) Dilanjutkan tanya jawab tentang keanekaragaman budaya di Indonesia.
2. Kegiatan Inti
a) Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan tentang sumpah pemuda di halaman 4 sampai 7.
b) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang sejarah terjadinya sumpah pemuda yang diceritakan pada bacaan halaman 4-7.
c) Guru menceritakan kembali sejarah terjadinya sumpah pemuda.
d) Menunjuk dua sampai tiga siswa untuk membacakan isi sumpah pemuda.
e) Menjelaskan bahwa isi sumpah pemuda harus selalu diterapkan oleh siswa pada masa sekarang.
f) Menjelaskan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” sebagai inti dari sumpah pemuda dan hubungannya dengan Bhinneka Tunggal Ika.
g) Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan pertanyaan pemahaman dan ayo bercerita di halaman 7.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang isi sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” (tanpa melihat buku).
c) Menceritakan pentingnya memahami makna isi sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa”.
2. Kegiatan Inti
a) Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan ajang budi pekerti di halaman 8 dan 9.
b) Guru menceritakan kembali bacaan ajang budi pekerti halaman 8 dan 9 tentang kelima jari tangan yang pada akhirnya menyadari pentingnya kerja sama dan saling menolong.
c) Melakukan tanya jawab pertanyaan pemahaman halaman 9.
d) Meminta semua siswa berkelompok dengan empat sampai lima teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut.
· Hubungan kerja sama dengan isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa.
· Makna isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” bagi siswa pada masa sekarang.
· Mengapa sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” perlu diketahui dan dipahami maknanya oleh bangsa Indonesia, bahkan pada masa sekarang.
e) Guru meminta perwakilan setiap kelompok membacakan hasil diskusi kelompoknya.
f) Guru menjelaskan cara mengutarakan pendapat dengan baik
g) Guru meminta setiap kelompok memberi pendapat atau komentar tentang hasil diskusi kelompok lain.
.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 1-3, 4-9.
2. Orang tua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas kelompok, tugas individu.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja.
Contoh Instrumen :
1. Manfaat kerja sama adalah ....
Jika tidak mau bekerja sama akibatnya ....
Kerja sama di sekolah misalnya ....
Kegiatan di sekolah yang harus saya kerjakan sendiri misalnya ....
Saya dan teman-teman bekerja sama dalam ....
2. Sebutkan isi sumpah pemuda.
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III(Tiga)
Semester : I (Satu)
Bab 1
Kompetensi Dasar
Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari..
Indikator
Mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari (di rumah, sekolah, dll).
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
B. Materi Ajar
Mengamalkan sumpah pemuda.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Tanya jawab.
4. Ceramah.
5. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang cara mengamalkan sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
c) Menceritakan beberapa contoh pengamalan sumpah pemuda.
2. Kegiatan Inti
a) Meminta semua siswa mengisi kolom sikap pada halaman 10.
b) Menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil pekerjaannya dan membandingkan dengan hasil pekerjaan siswa lain.
c) Bertanya jawab tentang sikap mana pada kolom sikap halaman 10 yang sesuai dan tidak sesuai dengan makna sumpah pemuda beserta alasannya.
d) Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan contoh pengamalan sumpah pemuda selain yang telah tertulis di buku.
e) Meminta semua siswa mengamati gambar-gambar tentang pengamalan sumpah pemuda di halaman 12 sampai 17.
f) Menunjuk beberapa siswa menentukan gambar mana pada setiap nomor soal yang sesuai dengan pengamalan sumpah pemuda.
g) Menugaskan semua siswa mewarnai gambar di halaman 12 sampai 17 yang sesuai dengan pengamalan sumpah pemuda (sesuai petunjuk pada halaman 12).
h) Menugaskan semua siswa mengerjakan tugas ekspresikan dirimu.
i) Mengajak semua siswa menyanykan lagu ”dari Sabang sampai Merauke” di halaman 19 dengan penuh semangat.
j) Menugaskan semua siswa untuk selalu mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda.
k) Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai kerja sama, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,dan pengamalan sumpah pemuda, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 20-22, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.
2. Kegiatan Inti
a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b) Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
3. Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang norma yang berlaku di masyarakat.
E. Sumber/Bahan Belajar
a) Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 10-22.
c) Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas individu, ulangan harian.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap, penilaian portofolio (membuat karangan), penilaian tertulis (pilihan ganda, uraian singkat).
Contoh Instrumen :
1. Buatlah sebuah karangan yang menceritakan pendapatmu mengenai teman yang berbeda asal-usul denganmu. Ceritakan apakah kamu menyukai atau kurang menyukainya dan apa alasannya. Apabila kamu tidak menyukainya, ceritakan apa yang harus kamu lakukan sesuai dengan makna sumpah pemuda.
2. Bangsa Indonesia mudah dijajah selama berabad-abad karena ...
a. terpecah belah
b. penakut
c. mudah menyerah
3. Apa arti semboyan “Satu nusa,Satu Bangsa, Satu Bahasa”?
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Pkn
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar